Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Biro Umroh dan Haji (Studi Kasus Pada PT. Zam-Zam Tour & Travel Sukoharjo)

Salamah, Indah Siti (2022) Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Biro Umroh dan Haji (Studi Kasus Pada PT. Zam-Zam Tour & Travel Sukoharjo). Diploma thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan biro perjalanan umroh dan haji Zam-Zam Tour & Travel secara parsial dan secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan yang sudah pernah menunaikan ibadah umroh atau haji menggunakan jasa Zam-Zam Tour & Travel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 41 responden yaitu pelanggan yang sudah pernah menunaikan ibadah umroh atau haji menggunakan jasa Zam-Zam Tour & Travel pada tahun 2022. Teknik pengambilan sampel diambil dengan menggunakan random sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Regresi Linear Berganda, Uji t (parsial), Uji F (simultan) dan Uji Koefisiensi Determinasi (R²). Berdasarkan teknik analisis yang digunakan, diperoleh hasil uji t untuk variabel harga (X1) sebesar 4,165 dan kualitas pelayanan (X2) sebesar 2,997 di mana hasil tersebut lebih besar dari nilai ttabel (2,026). Sedangkan variabel lokasi (X3) sebesar 1,827 di mana hasil tersebut lebih kecil dari nilai ttabel (2,026). Nilai signifikansi dari masing-masing variabel tersebut yaitu 0,000 (harga), 0,005 (kualitas pelayanan) yang artinya kurang dari nilai signifikansi yang digunakan (0,05) dan nilai signifikansi 0,076 (lokasi) yang artinya lebih dari nilai signifikansi yang digunakan (0,05). Sedangkan hasil uji F pada semua variabel dependen diperoleh nilai Fhitung sebesar 62,856 nilai tersebut lebih besar dari nilai Ftabel (2,859) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa harga (X1) dan kualitas pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Sedangkan lokasi (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadp kepuasan pelanggan. Namun, secara simultan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: D.562/18/22 (SKRIPSI WARNA HIJAU)
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Lidiya Filza Yasinta
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:41
Last Modified: 03 Nov 2022 05:41
URI: http://eprints.unsa.web.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item