Inovasi Pelayanan Publik di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Tentang Sistem Informasi Manajemen Arsip Aktif Karanganyar (SIMPATIK)

Putri, Suzuki Denada (2021) Inovasi Pelayanan Publik di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Tentang Sistem Informasi Manajemen Arsip Aktif Karanganyar (SIMPATIK). S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam Pasal 1 angka 28 Peraturan Daerah Kabupaten Karanganyar Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Publik disebutkan bahwa Inovasi pelayanan publik adalah terobosan jenis pelayanan baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinil dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk membuat sebuah inovasi dalam rangka peningkatan pelayanan publik. Penelitian ini berlokasi di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan tentang inovasi pelayanan publik di bagian umum Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar Tentang Sistem Informasi Manajemen Arsip Aktif Karanganyar (SIMPATIK). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam persuratan cukup berhasil. Karena berdasarkan hasil wawancara dengan berpedoman pada indikator-indikator teori inovasi, ditemukan bahwa rata-rata masyarakat merasa puas dengan hadirnya inovasi tersebut. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang menunjang dan menghambat pelaksanaan inovasi. Pelaksana dituntut untuk melakukan evaluasi secara berkala terkait dengan inovasi ini untuk memperbaiki serta meningkatkan kualitas dari inovasi tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: B.131/17/21 (SKRIPSI WARNA ORANGE/JINGGA)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Inovasi Pelayanan, SIMPATIK
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Ilmu Administrasi Negara
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:03
Last Modified: 30 Oct 2023 06:35
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item