Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Program Kampung Keluarga Berencana Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar

Saputra, Refanda Eka (2021) Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Program Kampung Keluarga Berencana Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan core service, fasilitating service dan supporting service terhadap kepuasan masyarakat dalam Program Kampung Keluarga Berencana Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif. Yang menjadi populasi adalah masyarakat dalam Program Kampung Keluarga Berencana Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar sebanyak 45 orang. Dikarenakan populasi dijadikan sampel atau sampel sensus. Berdasarkan hasil Uji t Core Service mempunyai t hitung (0,427) > t tabel (0,098) sehingga Ho ditolak dan menerima Ha, yang berarti bahwa Core Service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Untuk Facilitating Service mempunyai t hitung (0,162) > t tabel (0,098), Ho ditolak dan menerima Ha, berarti faktor Facilitating Service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Untuk Supporting Service mempunyai t hitung (1,719) > t tabel (0.098), Ho ditolak dan menerima Ha, berarti faktor Supporting Service berpengaruh signifikan terhadap kepuasan. Uji F ditunjukkan dengan F hitung (3,443) > F tabel (3,15), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi koefisien regresi hasil perhitungan signifikan (bisa digunakan sebagai analisis) atau dikatan bahwa Core Service, Facilitating Service, Supporting Service berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Program Kampung KB Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar secara bersama-sama. Koefisien determinasi (R²) dapat diketahui Adjusted R squared adalah 0.691. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kepuasan benar-beanr dijelaskan oleh variabel Core Service, Facilitating Service, Supporting Service sebesar 69,1%. Selebihnya yaitu sebesar 30,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar penelitian ini. Berdasarkan nilai dari masing-masing variabel diketahui bahwa nilai koefisien untuk variabel X3 (Supporting Service) yaitu 0,485 lebih besar dibandingkan dengan nilai koefisien untuk variabel X1 (Core Service) yaitu 0,105 dan X2 (Facilitating Service) 0,039, dengan demikian maka variabel Supporting Service merupakan variabel yang pengaruhnya paling dominan terhadap kepuasan masyarakat di Desa Bandardawung Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: B.136/17/21 (SKRIPSI WARNA ORANGE/JINGGA)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Prima, Kepuasan, Masyarakat, Kampung KB
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Ilmu Administrasi Negara
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 10 Nov 2022 05:49
Last Modified: 30 Oct 2023 06:31
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item