Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon

Ariani, Rina (2022) Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi, dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah PT Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Memiliki nasabah yang loyal adalah target yang harus dicapai oleh sebuah perusahaan, termasuk dalam hal ini adalah bank. Nasabah yang loyal tentu akan menjadi media partner promosi gratis bagi bank, sehingga untuk meningkatkan jumlah nasabah, bank tidak perlu mengeluarkan biaya promosi terlalu besar. Loyalitas nasabah tentu dibangun oleh bentuk pelayanan yang diberikan oleh bank, sehingga timbul kepuasan dihati nasabah. Selain pelayanan, integritas sebuah bank juga menjadi modal penting untuk memberikan rasa percaya pada nasabah, sehingga mereka akan merasa aman menyimpan dananya di bank. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah untuk menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah responden 100 nasabah. Data primer dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi, dan uji korelasi serta teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, pembahasan dan teori yang ada maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas layanan, promosi, dan kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon memberikan pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Secara parsial dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon dengan nilai koefisien standar 0,374 (sig= 0,001), kualitas layanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon dengan nilai koefisien standar 0,374 (sig= 0,001), promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon dengan nilai koefisien standar 0,505 (sig= 0,000), kepuasan nasabah terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon dengan nilai koefisien standar 0,123 (sig= 0,002), kualitas layanan, promosi, kepuasan nasabah terbukti berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Solo Pasar Kliwon dengan nilai Adjusted R² sebesar 35,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: D.568/20/22 (SKRIPSI WARNA HIJAU)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Promosi, Kepuasan, Loyalitas Nasabah
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Manajemen
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 16 Nov 2022 04:14
Last Modified: 30 Oct 2023 06:29
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item