Pengaruh Ignition Dwell Angle dan Tahanan Primer Koil Terhadap Performa Pada Motor Bakar 4-Tak 4 Silinder

Wibowo, Robi (2019) Pengaruh Ignition Dwell Angle dan Tahanan Primer Koil Terhadap Performa Pada Motor Bakar 4-Tak 4 Silinder. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan Tugas Akhir ini adalah mengetahui hubungan pengaruh sudut dwell pengapian dan tahanan primer koil terhadap performa mesin, serta mendapat kombinasi yang sesuai dengan performa mesin. Metode penelitian, metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Eksperimen adalah penelitian, yang dilakukan dengan mengadakan observasi terhadap obyek penelitian, serta adanya kontrol berdasarkan kepentingan dan hasil penelitian. Pada penelitian ini variabel bebasnya adalah sudut dwell pengapian dan tahanan primer koil pengapian, variabel terikatnya adalah daya, konsumsi bahan bakar spesifik dan efisiensi termal motor gasoline 4-tak empat silinder, sedangkan variabel kontrolnya adalah alat yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi alat uji enertia dynotest dan mobil Toyota Corolla DX 1,3 liter. Hasil penelitian, perbandingan dua kombinasi, antara motor bakar Toyota Corolla DX dengan sistem pengapian bersudut dwell 40°-TPK 2,25Ω dan motor bakar Toyota Corolla DX dengan sistem pengapian bersudut dwell 54°-TPK 2,25Ω menunjukkan bahwa kombinasi kedua (SD 54°-TPK 2,25Ω) menghasilkan performa motor bakar optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.362/15/19 (WARNA BIRU MUDA)
Uncontrolled Keywords: ignition dwell, tahanan primer koil, performa pada motor bakar
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 04 Oct 2022 06:39
Last Modified: 30 Oct 2023 04:05
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/27

Actions (login required)

View Item View Item