PENGARUH VARIASI ENGINE CONTROL UNIT PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX TERHADAP DAYA DAN TORSI

SUNGKOWARDOYO, WISNU (2022) PENGARUH VARIASI ENGINE CONTROL UNIT PADA SEPEDA MOTOR YAMAHA NMAX TERHADAP DAYA DAN TORSI. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://repo.unsa.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi Engine Control Unit terhadap daya dan torsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan variabel bebas Engine Control Unit tiper (standar, juken dan uma), variabel terikat daya dan torsi, variabel kontrol motor yamaha nmax. Bahan yang digunakan pada penelitian ini adalah ECU standar, ECU juken, ECU uma serta alat yang digunakan adalah mesin dynotest. Hasil penelitian didapat penggunaan ECU standar mendapatkan daya 11,1 hp pada putaran mesin 7500 rpm dan menghasilkan torsi 20,06 Nm pada putaran 3250 rpm, penggunaan ECU juken menghasilkan daya 13,7 hp pada penggunaan ECU uma menghasilkan daya 13,3 hp pada putaran mesin 7500 rpm dan torsi 26,72 pada putaran 2000 rpm. Kesimpulan penelitian ini diketahui bahwa torsi meningkat 33,2% menggunakan ECU uma dan daya meningkat 23,4% menggunakan ECU juken.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.402/18/22
Uncontrolled Keywords: variasi ECU, motor yamaha nmax, daya, torsi
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
2. Research > Skripsi (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 26 Feb 2024 03:26
Last Modified: 26 Feb 2024 03:26
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/278

Actions (login required)

View Item View Item