PENGARUH PANJANG KABEL SECONDARY CIRCUIT OF IGNITION SYSTEM TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR SATU SILINDER 4-TAK

MELODIKA, ANANG (2022) PENGARUH PANJANG KABEL SECONDARY CIRCUIT OF IGNITION SYSTEM TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR SATU SILINDER 4-TAK. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://repo.unsa.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan performa motor bakar yang paling baik dengan panjang kabel sirkuit sekunder sistem pengapian yang baik. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kabel, koil, bahan bakar pertalite dan gelas ukur. Alat yang digunakan hambatan, tachometer, gunting, stopwatch, dinotest dan sepeda motor honda blade 110 cc tahun 2008 (tidak stabil pengapian). Panjang kabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ukuran 28 cm, 14 cm dan 7 cm. Pengujian dalam penelitian ini meliputi pengujian torsi, daya dan konsumsi bahan bakar dari variasi panjang kabel sirkuit sekunder. Tahap pengujian menyiapkan sepeda motor honda blade 110 cc dan melakukan rekondisi, menyiapkan alat ukur, kemudian sepeda motor dinaikkan ke dynotest, memasang pengaman pada sepeda motor, kemudian lakukan pengujian performa motor dengan memotong panjang kabel busi yang akan digunakan dalam penelitian, mencatat data yang dihasilkan dari dynotest. Hasil pengujian terhadap hubungan antara ketiga perlakuan pada kabel koil pada sistem pengapian konvensional dengan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik, peningkatan dari putaran awal sampai maksimal dan kemudian menurun demikian pula pada kabel koil dengan panjang standar, tetapi tidak stabil performa motor bakar dengan penggunaan kabel koil atau secondary circuit of ignition system yang lebih pendek, performa yang dihasilkan lebih baik. Daya 2,652 hp, torsi 4,722 Nm dan konsumsi bahan bakar spesifik 1,074 kg/jam/hp dihasilkan oleh kabel koil dengan panjang 7 cm, rata-rata mempunyai perbaikan 25% dari panjang kabel diatasnya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.388/18/22
Uncontrolled Keywords: sepeda motor, kabel busi, daya, torsi, konsumsi bahan bakar
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
2. Research > Skripsi (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 05 Mar 2024 03:55
Last Modified: 05 Mar 2024 03:55
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item