ARDHIPUTRO, HUTOMO (2022) PENGARUH JENIS SENSOR TPS SISTEM BAHAN BAKAR INJEKSI TERHADAP PERFORMA MOTOR 1 SILINDER 4 TAK. S1 thesis, Universitas Surakarta.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perbandingan performa pada penggunaan sensor TPS original dan kw pada motor 1 silinder 4 tak. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen nondestruktif yang menggunakan variabel bebas variasi menggunakan sensor TPS original, TPS MST dan TPS KMI, sedangkan variabel control adalah alat uji dyno test, mesin uji emisi gas buang dan motor bakar Honda Beat 110cc. Pengujian dilakukan dalam penelitian ini meliputi daya dan torsi pada setiap sensor TPS melalui 3 kali pengujian, setiap pengujian mesin akan didinginkan terlebih dahulu agar suhu mesin saat pengetesan sama, pada saat uji gas emisi hanya akan menguji 1 kali disetiap sensornya yang bertujuan untuk mengetahui HC dan CO yang dikeluaran masing-masing sensor tersebut. Hasil penelitian terdapat pengaruh perbedaan pada performa, adanya penambahan bahan bakar yang disemprotkan injektor ke ruang bakar karena pembacaan TPS yang sedikit melebihkan sudut buka trotle valve. TPS KMI menghasilkan torsi lebih baik 9,87 Nm pada putaran 6250 rpm dan daya 7,2 Nm pada putaran 6000 rpm, sedangkan hasil emisi dengan HC 2752 ppm dan CO 5,9%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Additional Information: | G.393/18/22 |
Uncontrolled Keywords: | sepeda motor, sensor tps, dyno test, uji emisi gas buang |
Subjects: | 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin 2. Research > Skripsi (Undergraduate Thesis) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin |
Depositing User: | Staff Library UNSA |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 02:14 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 02:14 |
URI: | http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/302 |
Actions (login required)
View Item |