Pelaksanaan Kewenangan Penerbitan E-KTP Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Tegal Tahun 2019-2020 (Studi di Dinas Pencatatan Sipil di Kabupaten Tegal)

Haidar, Irkham Ibnu (2021) Pelaksanaan Kewenangan Penerbitan E-KTP Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Tegal Nomor 3 Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Tegal Tahun 2019-2020 (Studi di Dinas Pencatatan Sipil di Kabupaten Tegal). Diploma thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap tentang pelaksanaan kewenangan dan kualitas pelayanan pegawai dalam penerbitan dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. Sebagai tujuan ingin mengetahui pelayanan pegawai dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, ingin mengetahui hambatan yang dihadapi pegawai dinas kependudukan dan catatan sipil dalam pembuatan E-KTP, dan ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh pegawai dinas kependudukan dan catatan sipil dalam mengingkatkan pelayanan dalam pembuatan E-KTP. Pendekatan kualitatif dengan analisis data kualitatif dengan menggunakan model miles dan huberman yaitu dengan cara (1) reduksi data (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dengan jenis penelitian yang digunakan adalah yuridis dan sosiologis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis maka hasilnya adalah pelayanan pegawai dalam pembuatan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sudah maksimal, faktor yang menjadi penghambat pegawai dalam meningkatkan pelayanan dalam membuat E-KTP segi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil sendiri adalah personal atau pegawai yang sangat terbatas, dan peralatan untuk mencetak yang sudah tua, dan hambatan dari segi masyarakat itu sendiri adalah masyarakat banyak percaya dengan orang-orang yang tidak bertanggung jawab (calo), sehingga banyak terjadi kesalahan dalam mengenai data. Strategi yang dilakukan oleh pegawai dinas kependudukan dan catatan sipil dalam meningkatkan pelayanan dalam, dan hambatan dari segi masyarakat itu sendiri adalah kesadaran masyarakat itu sendiri yang masih rendah pembuatan E-KTP yaitu kerja sama yang baik antar pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sosialisasi kepada masyarakat agar pelayanan optimal, membawa alat perekaman E-KTP ke Kecamatan yang ada di Kabupaten Tegal agar pelayanan lebih cepat, dan memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat dengan cara disiplin saat jam kerja berlangsung dan selalu menyiapkan alat perekaman E-KTP ketika dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: M.18/17/21 (SKRIPSI WARNA MERAH)
Uncontrolled Keywords: Kewenangan, E-KTP, Dinas kependudukan dan pencatatan sipil
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Lidiya Filza Yasinta
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:18
Last Modified: 07 Oct 2022 03:18
URI: http://eprints.unsa.web.id/id/eprint/42

Actions (login required)

View Item View Item