Pengaruh Kekakuan Pegas Katup Terhadap Kinerja dan Emisi Buang Motor Bakar 4 Langkah Injeksi

Gino, Gino (2020) Pengaruh Kekakuan Pegas Katup Terhadap Kinerja dan Emisi Buang Motor Bakar 4 Langkah Injeksi. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui tingkat kekakuan pegas katup yang berkontribusi terhadap kinerja dan emisi gas buang optimal motor bakar 4 langkah injeksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada motor Yamaha Soul GT 125 cc, dengan menggunakan pegas katup Mio Sporty, FD 110 XCD, Soul GT 125, KLX 150 dan N-MAX 150. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Dynamometer, Exhaust gas analyzer, Engine tachometer dan gelas ukur. Pada penelitian ini variabel kontrolnya adalah Mesin yang digunakan standar pabrikan. Putaran mesin pengujian daya dan torsi 250-9000 rpm. Pengujian emisi gas buang pada 1500 rpm. Bahan bakar yang digunakan adalah pertalite. Hasil penelitian diketahui pada pengujian 5 tingkat kekakuan pegas katup menunjukkan torsi terendah didapatkan pada pegas katup dengan kekakuan 1,20 kg/mm dan torsi tertinggi didapatkan dari penggunaan pegas katup dengan kekakuan 2,94 kg/mm. Hasil pengujian daya terendah diperoleh pada penggunaan pegas katup dengan kekakuan 1,20 kg/mm dan daya tertinggi diperoleh pada pegas katup dengan kekakuan 2,94 kg/mm. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bagi pengguna sepeda motor jika ingin meningkatkan kinerja motor bisa menggunakan pegas katup katup dengan kekakuan 2,94 kg/mm. Nilai dari pengujian emisi gas buang HC dan CO semakin kekakuan pegas katupnya tinggi maka kandungan HC dan CO juga meningkat. Pada pegas katup yang tingkat kekakuannya kecil, terutama pada putaran mesin rendah dapat memberikan perbaikan emisi gas buang motor bensin secara signifikan, sehingga dengan menggunakan pegas katup tingkat kekakuan atau tegangan tinggi dapat meningkatkan kinerja motor, namun juga menurunkan efisiensi thermal serta menaikkan emisi gas buang.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.345/16/20 (WARNA BIRU MUDA)
Uncontrolled Keywords: Pegas katup, kinerja, emisi gas buang
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 19 Oct 2022 05:33
Last Modified: 23 Oct 2023 06:32
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item