Pengaruh Penambahan Air Pada Bahan Bakar Motor Diesel Terhadap Kepekatan Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar

Riwanto, Joko Budi (2020) Pengaruh Penambahan Air Pada Bahan Bakar Motor Diesel Terhadap Kepekatan Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepekaan asap adalah kemampuan asap untuk meredam cahaya, opasitas atau kepekatan asap merupakan indikator baik tidaknya sistem pembakaran yang terjadi pada kendaraan diesel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan air pada bahan bakar motor diesel terhadap kepekatan gas buang kendaraan dan konsumsi bahan bakar. Penelitian ini dilakukan pada mobil Isuzu Phanter Gen 3 LM 2.5 2005 dengan menggunakan 3 jenis bahan bakar diesel yaitu biosolar dan dexlite yang dicampur kadar air dengan persentase 1%, 2%, 3%, 4% dan 5% terhadap volume bahan bakar. Kepekatan gas buang diuji berdasarkan standar SAE-J1667 (snap acceleration test procedure) dengan menggunakan smoke opacity meter dan konsumsi bahan bakar diuji pada putaran mesin 1000 rpm dengan cara mengukur jumlah bahan bakar yang digunakan dalam waktu tertentu. Hasil penelitian menunjukkan penambahan air sebesar 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%, tingkat kepekatan asap gas buang dan konsumsi bahan bakar paling optimal pada penambahan air 1%. Semakin tinggi persentase penambahan kadar air ke dalam bahan bakar diesel pada penelitian ini maka tingkat kepekatan asap gas buang dan konsumsi bahan bakarnya semakin meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.338/16/20 (WARNA BIRU MUDA)
Uncontrolled Keywords: Kepekatan, Konsumsi Bahan Bakar, Diesel, Air
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 25 Oct 2022 03:41
Last Modified: 23 Oct 2023 06:29
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/83

Actions (login required)

View Item View Item