Strategi Komunikasi Pemasaran Pratama Rotan Interior Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo

Ardianti, Sonia Ulfa (2021) Strategi Komunikasi Pemasaran Pratama Rotan Interior Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan di Desa Trangsan Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran Pratama Rotan Interior di Desa Trangsan, Kecamatan Gatak, Kabupaten Sukoharjo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Pratama Rotan Interior dengan subjek penelitian yaitu pimpinan Pratama Rotan Interior, staff Pratama Rotan Interior, dan konsumen Pratama Rotan Interior. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen pedoman sederhana. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Langkah-langkah analisis data antara lain pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pratama Rotan Interior menggunakan strategi komunikasi pemasaran sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan produk. Penjualan personal, yang dilakukan dengan cara pendekatan secara langsung oleh staff marketing kepada konsumen dengan menawarkan produk dan memberikan pelayanan yang maksimal. Periklanan, Pratama Rotan Interior menggunakan beberapa media periklanan seperti media elektronik, media cetak, dan media sosial untuk menjangkau konsumen dengan membujuk dan mempengaruhi persepsi konsumen. Promosi penjualan, menciptakan banyak promosi penjualan yang menarik diantaranya diskon produk, pemberian jaminan garansi 1 tahun, dan penyebaran brosur. Publisitas, Pratama Rotan Interior pernah diliput oleh radio Solopos dan diliput wartawan pada saat mengikuti event. Public relations, Pratama Rotan Interior dalam menjaga hubungan baik kepada konsumen adalah dengan mengadakan kegiatan sosial. Pemasaran langsung, Pratama Rotan Interior memberikan brosur secara cuma-cuma kepada konsumen pada saat mengikuti suatu event.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: P.85/19/21 (SKRIPSI WARNA ORANGE/JINGGA)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Minat Beli
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Ilmu Komunikasi
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:29
Last Modified: 30 Oct 2023 04:53
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item