Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pergawai (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pegawai di Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta)

Subiastoro, Suryo Seto (2021) Peran Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Pergawai (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Pegawai di Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta). S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang permasalahan penelitian ini, pentingnya peningkatan kinerja pegawai dalam mendukung pelayanan prima kepada masyarakat di Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunikasi dalam meningkatkan kinerja pegawai dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat komunikasi dalam meningkatkan kinerja pegawai di Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta, menggunakan 5 informan terdiri dari Lurah, Sekretaris, Kasi Pemerintahan Trantib, Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Kasi Pembangunan dan Lingkungan Hidup. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang berlangsung di Kantor Kelurahan Tegalharjo Kecamatan Jebres Kota Surakarta turut berperan dalam meningkatkan kinerja pegawai yang diaplikasikan melalui (1) Komunikasi vertikal ke bawah yaitu komunikasi antara Lurah kepada pegawai mengenai instruksi tugas, rasional pekerjaan, ideologi, informasi, dan balikan. (2) Komunikasi vertikal ke atas yaitu komunikasi pegawai kepada Lurah, diaplikasikan dengan memberi saran atau ide, menyampaikan masalah yang belum terpecahkan, dan menyampaikan informasi hasil pekerjaan. (3) Komunikasi horizontal yaitu komunikasi antar pegawai ditandai koordinasi mengenai penugasan yang diberikan pemimpin, interaksi antar pegawai yang menumbuhkan dukungan antarpersonal, dan memecahkan permasalahan secara bersama-sama. Faktor-faktor yang mendukung komunikasi dalam meningkatkan kinerja pegawai adalah kemampuan dan keterbukaan komunikasi Lurah serta adanya dorongan untuk berprestasi. Faktor penghambat yaitu keterbatasan pengetahuan pegawai dan pemanfaatan Teknologi Informasi yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: P.87/17/21 (SKRIPSI WARNA ORANGE/JINGGA)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, kinerja pegawai
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Ilmu Komunikasi
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 05 Dec 2022 04:55
Last Modified: 30 Oct 2023 04:52
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item