Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Jual Beli Online (Studi di Kantor Shopee Indonesia Cabang Solo)

Kartikasari, Erina Ayu (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Melakukan Transaksi Jual Beli Online (Studi di Kantor Shopee Indonesia Cabang Solo). S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum konsumen dalam bertransaksi jual beli online di Kantor Shopee Indonesia Cabang Solo serta untuk mengetahui kendala yang muncul dalam pelaksanaan perlindungan hukum konsumen dalam bertransaksi jual beli online di Kantor Shopee Indonesia Cabang Solo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis empiris. Metode penelitian hukum yang menggunakan fakta-fakta empiris yang diambil dari perilaku manusia, baik perilaku verbal yang didapat dari wawancara maupun perilaku nyata yang dilakukan melalui pengamatan langsung. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa Pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi elektronik melalui situs jual beli online Shopee Cabang Solo diwujudkan dalam dua hal yaitu, perlindungan hukum melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang bersifat umum dan perlindungan melalui mekanisme garansi Shopee yang melindungi konsumen Shopee secara khusus. Undang-Undang Perlindungan Konsumen menjamin hak-hak konsumen seperti hak untuk mendapat informasi yang benar tentang barang yang akan dibeli. Sedangkan perlindungan secara khusus yang diberikan Shopee adalah adanya garansi Shopee yang membuat konsumen dapat leluasa mengecek barang saat sudah sampai ke tangan sebelum Shopee mengirimkan pembayaran kepada penjual. Shopee Cabang Solo melayani segala pengaduan konsumen baik secara langsung untuk datang ke berada di Mall Solo Pagaron, yang beralamat Jl. Yosodipuro No. 133, Mangkubumen, Kota Surakarta, Jawa Tengah maupun pengaduan melalui laman nomor resmi Shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dialami oleh Shopee Solo dalam rangka perlindungan konsumen adalah kendala secara internal dan kendala eksternal. Kendala internal bersumber dari dalam Shopee Solo itu sendiri yaitu adanya kebijakan pengambilan barang yang panjang dan kurangnya kontrol shopee terhadap produk yang dijual oleh seller. Sedangkan kendala eksternal yang dialami antara lain adalah adanya tikad buruk penjual, ketidaktahuan konsumen tentang syarat dan ketentuan shopee, serta kurangnya sosialisasi dan pembinaan. Dalam rangka pelaksanaan transaksi jual beli online melalui aplikasi Shopee dapat dilakukan dengan baik, maka perlu adanya sinergi antara penyedia layanan yaitu Shopee, pelaku usaha, serta konsumen agar dapat menerapkan setiap kewajiban dan hak-haknya masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: M.24/18/22 (SKRIPSI WARNA MERAH)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Jual Beli Online
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Ilmu Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 06 Dec 2022 04:26
Last Modified: 30 Oct 2023 04:50
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item