PENGARUH KETEBALAN GANJALAN TERHADAP LIDAH REL PADA PERANGKAT PENGGERAK JALUR REL WESEL DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

MARDIYANTO, QOIRUL CATUR (2022) PENGARUH KETEBALAN GANJALAN TERHADAP LIDAH REL PADA PERANGKAT PENGGERAK JALUR REL WESEL DI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO). S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://repo.unsa.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh tebal ganjalan terhadap kerapatan lidah rel pada wesel elektrik dan wesel mekanik. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen dimana melakukan percobaan terhadap variasi ketebalan ganjalan lidah rel, variabel kontrol yaitu wesel penggerak elektrik, wesel penggerak mekanik, kereta penilik jalan dengan kecepatan 20 Km/Jam. Penelitian ini diawali ganjalan pada lidah rel wesel kereta api pada saat perpindahan lidah rel wesel kereta api dari belok ke lurus maupun dari lurus ke belok dengan alat penggerak wesel mekanik, dan elektrik dengan plat baja tingkat kerapatan 2mm, 3mm, 4mm, 5mm. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian penguncian pada wesel, kerapatan wesel, dan dapat dilalui bila terkunci rapat. Hasil uji percobaan kerapatan lidah diketahui bahwa dengan plat baja ukuran 2mm dapat terkunci rapat, dapat dilalui kereta penilik jalan dengan kecepatan 20km, plat baja ukuran 3mm dapat terkunci rapat, dapat dilalui kereta penilik jalan dengan kecepatan 20km, plat baja ukuran 4mm tidak dapat terkunci, tidak dapat dilalui kereta penilik jalan dan plat baja ukuran 5mm tidak dapat terkunci, tidak dapat dilalui kereta penilik jalan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.400/20/22
Uncontrolled Keywords: jalur, kereta api, lidah, wesel, ganjalan
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
2. Research > Skripsi (Undergraduate Thesis)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 26 Feb 2024 05:29
Last Modified: 26 Feb 2024 05:29
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item