Perbandingan Performa Motor Bakar Dengan Penggunaan ECU Standar dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Injeksi

Pangestu, Muhammad Ridho (2020) Perbandingan Performa Motor Bakar Dengan Penggunaan ECU Standar dan ECU Racing Pada Sepeda Motor Injeksi. S1 thesis, Universitas Surakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan tugas akhir ini adalah bertujuan untuk memastikan apakah dengan mengganti ECU (Electronic Control Unit) dapat meningkatkan daya dan torsi. Penelitian ini diawali dengan menyiapkan bahan sepeda motor Honda beat 2014, ECU standar dan ECU juken 5. Alat yang digunakan Tool box, Tachnometer, Inertia dynamometer. Pengujian ini dilakukan dengan cara menyeting ECU standar dan ECU juken 5, pada pengujian dynotest dan uji konsumsi bahan bakar (AFR). Kemudian mencatat konsumsi bahan bakar, putaran flywheel, putaran motor bakar dan waktu perubahan putaran yang dihasilkan. Penelitian terhadap penggunaan ECU juken 5 menghasilkan daya 7,50 hp pada 8970 rpm, torsi 6,83 Nm pada 7390 rpm dan ECU standart menghasilkan daya 8,25 hp pada 6830 rpm, torsi 9,50 Nm pada 6320 rpm. Kesimpulannya bahwa performa motor bakar injeksi menurun secara signifikan dengan penggunaan ECU juken 5 dari pada penggunaan ECU standar. Dimana daya turun 10% dan torsi juga turun 39,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: G.352/16/20 (WARNA BIRU MUDA)
Uncontrolled Keywords: ECU, injeksi, sepeda motor dynotest
Subjects: 1. Universitas Surakarta > Teknik Mesin
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknologi Industri > Teknik Mesin
Depositing User: Staff Library UNSA
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:35
Last Modified: 24 Oct 2023 02:36
URI: http://repo.unsa.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item